Rabu, 16 Oktober 2013

LATIHAN KURBAN DI SEKOLAH












 LATIHAN KURBAN
DI SMP MUHAMMADIYAH SEMIN
Latihan kurban di setiap sekolah kini telah menjadi tradisi saat hari raya Idhul Adha. Banyak sedikitnya hewan kurban yang disembelihpun tergantung pada kemampuan gotong royong peserta didik. Di SMP Muhammadiyah Semin misalnya, latihan kurban dijadikan agenda tahunan.  Dengan kegiatan ini diharapkan, peserta didik mampu mengambil hikmah sebagai perwujudan kepedulian sosial terhadap sesama. “Kami ingin tanamkan rasa kepedulian sosial  kepada sesama manusia dengan saling berbagi,” ujar Kepala SMP Muhammaadiyah Semin disela kegiatan latihan kurban di halaman sekolah.
Menurut dia, pembelajaran dilakukan sejak dini agar siswa-siswi bisa memetik hikmah dari kegiatan yang sudah dilaksanakan. Kepanitian dipegang oleh IPM sehingga para siswa dapat merasakan langsung, mulai dari proses pembelian, dan proses pendistribusian semuannya di lakukan bersama siswa, “60 persen dilaksanakan oleh siswa sedangkan guru pembimbing 40 persen dalam pelaksanaan kegiatan ini,” terangnya.
Seperti tahun sebelumnya, lanjut Wardiman, S.Pd. mengorbankan 6 ekor kambing. Tiga ekor berasal dari gotong royong para siswa, sedangkan tiga ekor lainnya berasal dari iuran para tenaga pendidik dan kependidikan SMP Muhammadiyah Semin. Pembina IPM SMP Muhammadiyah Semin Bambang Sarjono SPd mengaku bangga dengan semangat para siswa mengikuti kegiatan latihan kurban. Termasuk keberhasilannya mengumpulkan dana gotong royong dari 447 siswa. (reporter mas dad's)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar